Senin, 14 Desember 2015

Agar Rumah Menjadi Tempat yang Nyaman dan Lingkungan yang Baik

بِسْمِ اللهِ الرَحْمٰنِ الرَحِيْمِ
🚝🏡🗻 AGAR RUMAH MENJADI TEMPAT YANG NYAMAN dan LINGKUNGAN YANG BAIK

asy-Syaikh al-'Allamah Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah

.................................

Dalam Islam telah disyari'atkan hukum-hukum yang menjamin hak-hak isteri,  sehingga menjadikan rumah sebagai tempat tinggal yang nyaman dan menjadi lingkungan yang shalih.
⛵️ Perlu diketahui bahwa hukum-hukum dan syari'at-syari'at tersebut tidak hanya berlaku khusus untuk isteri,  tapi berlaku untuk kedua suami isteri.
👝 Namun peran wanita/isteri padanya LEBIH BESAR, karena dia sebagai tiang utama sebagaimana kami sebutkan.
🌳 Mengingat pula tema pembahasan kita kali ini adalah tentang wanita dan perannya dalam pendidikan keluarga,  maka perlu menunjukkan peran tanggung jawab wanita dan sarana-sarana yang mengantarkannya, di antaranya :

1⃣ Taat sepenuhnya kepada suami dalam perkara yang bukan maksiat kepada Allah.
√ Ketaatan kepada suami merupakan dasar kelanggengan rumah tangga. Karena kepemimpinan ada pada kaum pria.

Allah berfirman,
{الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ…} [النساء: 34]
"Kaum laki-laki adalah pimpinan bagi kaum wanita .... " (an-Nisaa' : 34)

Tidak terwujud kepemimpinan tanpa ada ketaatan.  .... Rumah laksana madrasah atau kantor. Kalau seorang kepala sekolah/kantor dalam sebuah lembaga atau madrasah punya para pegawai yang tidak mau mentaatinya apakah mungkin aktifitas akan berjalan?!  Demikian pula rumah tangga.

↪️ Mentaati suami adalah kewajiban syar'i,  seorang wanita akan diberi pahala jika dia melaksanakannya.
🔹 Bahkan kita dapatkan keterangan dalil bahwa ketaatan kepada suami LEBIH DIKEDEPANKAN di atas ibadah nafilah. Nabi — shallallahu alaihi wa sallam — bersabda,

(لا تصوم المرأة وبعلها شاهد إلا بإذنه) متفق عليه
"Seorang isteri jangan berpuasa (nafilah) ketika suaminya ada kecuali dengan seizinnya." Muttafaqun 'alaihi.

🌙 Ini menunjukkan pentingnya mentaati suami,  sampai-sampai itu lebih dikedepankan di atas ibadah puasa nafilah.

................................

2⃣ Melaksanakan tugas-tugas rumah tangga yang merupakan inti kehidupan rumah tangga,  seperti memasak, membersihkan rumah, mencuci,  dll.
🛅☑️ Supaya pekerjaan-pekerjaan tersebuat membuahkan hasil yang maksimal maka harus DIKERJAKAN DENGAN SEBAIK-BAIKNYA, dengan jiwa yang lapang dan sukarela,  serta merasa bahwa itu semua adalah IBADAH.
.................................

3⃣ Seorang isteri hendaknya menyambut ajakan suaminya dalam perkara yang telah Allah halalkan untuknya. Nabi — shallallahu alaihi wa sallam — bersabda :

 (إذا دعا الرجل امرأته إلى فراشه فأبت فبات غضبان عليها لعنتها الملائكة حتى تصبح) [البخاري]
"Apabila seorang suami mengajak isterinya ke ranjangnya namun dia menolak,  sehingga sang suami marah kepadanya malam itu, maka para malaikat melaknat si isteri tersebut hingga shubuh." (HR. al-Bukhari) 

👍🏻🍇 Bahkan yang afdhal bagi isteri,  hendaknya dia selalu mendekat kepada suami tanpa diminta,  dan selalu siap untuk itu,  serta selalu berhias/berdandan.

💥 Sangat disesalkam,  sebagian wanita berhias untuk keluar rumah — padahal dia telah dilarang untuk itu — lebih banyak dari pada berhias untuk suaminya — padahal dia diperintahkan untuk ini —.
👉🏻👎🏻 itu semua menunjukkan kejahilan terhadap tugasnya atau sikap tidak mau mengikuti syari'at Allah.

🌺 Sungguh apabila seorang isteri melaksanakan kewajiban ini dengan sebaik-baiknya maka akan memberikan PENGARUH YANG BESAR terhadap keharmonisan rumah tangga. Sehingga suami terjauhkan dari hal-hal yang tidak baik dan ridho dengan apa yang ada pada sang isteri. Suami juga tidak merasa gagal dan terhalangi, kemudian dia merasakan ketenanga diri. 

⛅️ Betapa banyak para suami merasakan hidup yang tidak nyaman, disebabkan dia merasa terhalangi. Karena ternyata si isteri tidak peduli terhadap tugas ini dengan baik, atau dia tidak tahu bagaimana melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.
🌷 Maka hendaknya seorang isteri mengetahui perannya dalam hal ini,  kemudian hendaknya dia memikirkan dan mencari cara terbaik bagaimana melaksanakannya.

.................................

4⃣ Menjaga rahasia dan kehormatan sang suami. Maka hendaknya sang isteri tidak menjerumuskan dirinya ke dalam fitnah dan tabarruj (berhias/bersolek di luar rumah).

👝❌ Janganlah seorang isteri/wanita menggampangkan masalah menampakkan diri di hadapan pria asing, baik di depan pintu atau jendela rumah, maupun di luar rumah.
🚡 Ketika keluar rumah hendaknya dia sopan.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

فأما حقكم على نساءكم فلا يوطين فرشكم من تكرهون، ولا يأذن في بيوتكم لمن تكرهون

"Adapun hak kalian atas isteri-isteri kalian adalah dia tidak boleh mempersilahkan di tikarmu orang yang kamu benci,  dan tidak mengizinkan orang kamu benci untuk masuk ke rumahmu." (diriwatakan oleh at-Tirmidzi)

🏡 Sikap yang demikian akan memberikan penjagaan moral terhadap rumah tangga,  dan kepercayaan pada sang suami (terhadap isteri),  sekaligus sebagai tarbiyah/pendidikan bagi anak-anak untuk memiliki sifat 'iffah (menjaga kehormatan diri).

🏭❌ Sungguh sebuah rumah tangga yang ada padanya sikap menggampangkan dalam urusan apapun, maka TIDAK AKAN MENJADI RUMAH TANGGA YANG NYAMAN,  dan TIDAK BISA MENJADI TEMPAT TINGGAL YANG TENANG.

(bersambung)


📜 dari tulisan berjudul :
"Peran Wanita dalam Pendidikan Keluarga"

••••••••••••••••
🌠📝📡 Majmu'ah Manhajul Anbiya
📟 https://telegram.me/ManhajulAnbiya

~~~~~~~~~~~~

0 komentar :

Posting Komentar